Pages

16 April 2013

Obsesi Teknologi Jerman

Tidak diragukan, Jerman merupakan negara maju. Salah satu pengalaman menarik ketika mengunjungi Ulm dan Bonn beberapa minggu yang lalu adalah menikmati efisiennya seluruh rutinitas kehidupan di Jerman. Mulai jadwal kereta apinya yang super on-time, pelayanan publik yang tidak bertele-tele, serta standar pelayanan toko atau restoran yang sangat tinggi.

Penggunaan teknologi bisa dibilang sudah tahap obsesif. Waiters di beberapa restoran sudah menggunakan pencatat menu elektronik (yang terhubung dengan tukang masak serta sekaligus alat pencetak kwitansi); sementara tiket bus-kereta-tram sudah terintegrasi dengan rapi, serta ada insentif untuk pembelian tiket di mesin karena kalau ke ticket services akan dikenakan charge 2 Euro; serta banyak lagi contoh lainnya.

Namun yang paling mengesankan adalah pengalaman di restoran kebab. Di salah satu restoran kebab Turki yang cukup terkenal, tukang kebabnya tidak lagi menggunakan pisau, namun menggunakan mesin otomatis untuk mengiris daging. Sangat efisien dan tentunya tepat takaran yang diinginkan - satu porsi, dua porsi, dst.

Terfikir juga sejenak, entah apalagi yang sudah mereka otomatisasi di Jerman ini. Jangan-jangan nanti akan ada vending machine kebab.  Benar-benar!

Mesin pengiris daging kebab di Arslan Kebap, Ulm

No comments: